Selasa, 08 Maret 2022

Memasangkan Benih dan Kantungnya

Anak-anak memasangkan kartu benih dan nama-nama tanaman pada bungkusan benih yang tepat.

SASARAN

Pengenalan Tulisan :

Anak-anak akan memperhatikan dan menggunakan tulisan pada bungkusan benih dan dalam suatu aktivitas membedakan secara visual.

Kosa kata :

Anak-anak akan belajar dan membangun pemahaman tentang berbagai jenis tanaman dan benih menggunakan tulisan di sekitar kita.

BAHAN-BAHAN

Bungkusan benih, makanan dan bunga dalam bentuk yang ada biji di dalamnya, benih dari bungkusan benih, kartu indeks, kertas karton (kertas kartu), lem, plastik laminating, spidol, dan kaca pembesar.

HUBUNGAN TEMATIS

- Peternakan

- Makanan dan Gizi

- Berkebun dan Tanaman

- Kesehatan dan Keamanan

- Ilmu Pengetahuan dan Alam

- Musim

PERSIAPAN

1. Gunting kartu indeks, kertas karton atau kertas kartu menjadi ukuran yang sedikit lebih kecil dari bungkusan.

2. Rekatkan satu atau lebih benih pada tiap kartu. Tulis nama benih di sisi lainnya.

3. Lapisi tiap kartu dengan selotip bening.

4. Biarkan bagian atasnya untuk membentuk kantung.

INTERAKSI BAHASA

1. Kumpulkan beberapa jenis makanan dan bunga dalam bentuk alami yang mempunyai biji di dalamnya untuk memperkenalkan konsep urutan dari biji menjadi tanaman (misalnya jagung kering, bunga matahari, kapri yang belum dikupas, labu, tomat, paprika, dan bunga kering).

Buka benda-benda itu untuk memperlihatkan bijinya. Sajikan makanan tersebut untuk kudapan (catatan : kenali alergi yang mungkin diderita anak). Buka bungkusan benih bersama-sama. Bacakan nama benih yang tertulis pada bungkusan, dan pasangkan benih atau biji didalamnya dengan biji yang ada di dalam makanan atau tanaman. Sediakan kaca pembesar untuk digunakan anak-anak memperhatikan benih dan bungkusan benih. Ajak anak-anak untuk memasangkan benih dengan bungkusannya.

2. Dorong anak-anak menggunakan bungkusan benih untuk mencari kata yang sama pada tulisan di sekitar kita lainnya, seperti pada brosur supermarket (misalnya "jagung" dalam keripik jagung, berondong jagung dan jagung manis). Biarkan mereka melingkari dan/atau menggunting kata dan gambar untuk membuat kolase.

3. Gunakan aktivitas ini untuk memperkenalkan konsep makanan yang bijinya bisa dimakan dan yang tidak. Gunakan bungkusan untuk membagi benda-benda ke dalam dua kategori tersebut. Kumpulkan biji yang bisa dimakan dan bungkusan benih yang sesuai untuk dicoba anak-anak. Gunakan bungkusan benih untuk mengenali perbedaan antara biji yang tidak bisa dimakan dan produk yang mempunyai biji yang bisa dimakan. Tunjukkan pada anak-anak bahwa benih untuk ditanam tidak bisa dimakan.





0 komentar:

Posting Komentar