Selasa, 08 Maret 2022

Menggosok Label Huruf Timbul

Anak-anak melakukan aktivitas menggosok dengan krayon dari berbagai tulisan timbul di sekitar kita.

SASARAN

Pengenalan Tulisan :

Anak-anak mengenal satu persatu huruf dan kata saat muncul melalui gosokan krayon.

Proses Menulis :

Anak-anak akan melatih kemampuan motorik halus saat menggunakan krayon untuk mendapatkan tulisan gosok.

Bahasa Verbal/Berbicara dan Mendengar :

Anak-anak akan berbagi pengamatan mengenai gosokan krayonnya.

Kısa kata :

Anak-anak akan belajar dan membahas ulang kosa kata yang terkait dengan acara khusus dengan menggunakan tulisan di sekitar kita dalam aktivitas menggosok.

BAHAN-BAHAN

- Tulisan timbul, seperti pada tutup wadah pesanan makanan untuk dibawa pulang, cangkir plastik, kartu ucapan, papan nama, plat nomor, magnet, dll.

- Krayon bekas, cetakan kue, oven, dan lemari es (tambahan).

- Kertas putih tipis dan selotip

- Papan, meja, dan baki datar.

HUBUNGAN TEMATIS

- Makanan dan Gizi

- Hari Libur

- Restoran

- Transportasi

PERSIAPAN

1. Gunting tulisan di sekitar kita untuk melapisi permukaan yang berisi tulisan timbul.

2. Lepaskan bungkus kertas krayon.

3. Jika perlu, pisahkan krayon sesuai warna pada cetakan kue, dan lelehkan di dalam oven. Bekukan dalam kulkas selama beberapa menit, dan keluarkan potongan krayonnya. Anak-anak dapat menggunakan permukaan krayon yang rata untuk menggosok.

INTERAKSI BAHASA

1. Ajak anak-anak membawa tulisan timbul untuk digunakan dalam kegiatan menggosok krayon. Tunjukkan cara mendapatkan gambar gosok dari permukaan timbul dengan meletakkan kertas diatasnya, dan dengan gerakan menggosok perlahan di sepanjang kertas dengan menggunakan sisi rata dari krayon. Selotip tulisan timbul pada papan, meja atau baki datar untuk menjaganya agar tidak bergeser. Ketika anak-anak telah selesai, bacalah atau ajak mereka untuk "membaca" tulisan yang mereka buat melalui proses menggosok. Ajak anak-anak untuk berbagi pengamatan, perbandingan, dan penggambaran mereka tentang gambar gosok.

2. Gunakan tulisan timbul yang berhubungan dengan hari libur tertentu untuk anak-anak membuat kertas kado atau kartu dari gambar gosok. Perkenalkan atau pelajari ulang kosa kata yang muncul pada tulisan di sekitar kita. Ikut sertakan anak-anak dalam mengenal dan membaca kata-katanya. Minta mereka untuk memecahkan apa makna kata-kata dan gambar yang ada pada tulisan tersebut.

VARIASI

Minta anak-anak untuk menutup matanya dan meraba huruf-huruf pada tulisan timbul tersebut. Tantang mereka untuk mengenal huruf, simbol, dan gambar menggunakan Indra peraba mereka.



0 komentar:

Posting Komentar